Author

Sabtu, 22 Oktober 2011

Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas Koki Mutiara

Sabtu, 22 Oktober 2011 |
Hobby memelihara Ikan hias adalah hobby segala umur, dengan memelihara ikan hias baik dalam kolam maupun aquarium bisa menjadi ajang bermain dan refreshing untuk menghilangkan kepenatan. Salah satu jenis ikan yang banyak digemari adalah Ikan Koki Mutiara. Dengan tingkat permintaan yang cukup tinggi dipasaran, bisa dijadikan peluang usaha, yaitu usaha budidaya ikan mas koki mutiara. Pemasaran ikan ini selain di dalam negeri juga merupakan jenis ikan yang di eksport dan harganyapun cukup tinggi.
Ikan Mas Koki Mutiara adalah jenis ikan mas yang mempunyai tubuh bulat dengan kepala kecil dan ekor lebar, serta warna tubuh yang cerah. Di Indonesia jenis ikan mas koki ini sudah lama dapat dibudidayakan. Untuk lebih detailnya berikut tahap-tahap budidaya ikan mas koki.
PEMIJAHAN
  1. Pemilihan induk , tahap ini dalam budidaya ikan mas koki mutiara cukup penting , karena akan menentukan kualitas bibit yang dihasilkan. Ciri-ciri induk yang baik :
· Induk yang baik untuk dipijahkan sudah berumur + 8 bulan, dengan ukuran minimum sebesar telur itik.
· Pilih induk yang berkepala kecil dengan tubuh bulat, sisik utuh dan tersusun rapih. Jika ikan sedang bergerak, ekor dan sirip akan kelihatan tegak.
· Untuk mendapatkan keturunan yang berwarna, maka calon induk yang akan dipijahkan berwarna polos. Gunakan induk jantan berwarna putih dan betina berwarna hitam atau hijau lumut atau sebaliknya.
  1. Perbedaan jantan dan betina
Ciri-ciri Induk Jantan :
· Pada sirip dada terdapat bintik-bintik bulat menonjol dan jika diraba terasa kasar.
· Induk yang telah matang jika diurut pelan kerarah lubang genital akan keluar cairan berwarna putih.
Ciri-ciri Induk Betina :
· Pada sirip dada terdapat bintik-bintik dan terasa halus jika diraba, jika diurut keluar cairan kuning bening
· Pada induk yang telah matang, perut terasa lembek dan lubang genital kemerah-merahan.
  1. Cara pemijahan
· Bak/aquarium yang telah bersih diisi dengan air yang telah diendapkan + 24 jam, kemudian letakkan eceng gondok untuk melekatkan telurnya.
· Pilihlah induk yang telah matang telur, masukkan kedalam bak pada sore hari. Bila pemilihan induk dilakukan dengan cermat, biasanya keesokan harinya telur sudah menempel pada akar eceng gondok.
· Karena telur tidak perlu dierami,induk dapat segera dipindahkan ke kolam penampungan induk, untuk menunggu sampai saat pemijahan berikutnya. Jika perawatannya baik, maka 3 ~ 4 minggu kemudian induk sudah dapat dipijahkan kembali.


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © pakan ikan | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog